Taman adalah salah satu elemen terpenting yang menyempurnakan tampilan rumah anda menjadi lebih asri. Taman ini sendiri bisa anda buat dengan lahan yang terbatas baik dibagian depan rumah, samping rumah sampai dengan belakang rumah.

Beberapa hunian modern di kota kota besar misalkan, dikarenakan harga tanah yang sangat tinggi banyak juga membuat taman pada bagian atas rumah. Intinya dimanapun posisi taman keberadaanya akan sangat dibutuhkan.

Anda bisa mengahabiskan waktu disini bersama keluarga ketiak sudah penat bekerja dan bosan dengan suasana dalam rumah.

Apalagi saat ini dengan adanya Covid-19 bepergian keluar menjadi perkara yang menghawatirkan maka membuat suasana sejuk di rumah dengan mendesain taman terbaik bisa menjadi alternatif memecah kebuntuan dalam aktifitas sehari hari.

Fungsi Taman

Taman sendiri bukan hanya sebagai hiasan, namun lebih dari itu taman akan memberikan efek kesehatan bagi penghuni rumah, bahkan bisa juga membantu dalam mengirit pengeluaran belanja sayur jika anda menggunakan taman ini sebagai lahan perkebunan sederhana.

Taman bisa mengahdirkan udara segar ditengah kota industri yang sudah jarang sawah, apalagi tumbuhan besar.

Anda bisa menanam bunga kemudian tambulam pot misalkan intinya yang ada daunya lebar dan besar ini sudah cukup untuk menemukan udara segar di lingkungan rumah anda.

Fungsi lainya adalah tempat bermain anak anak. Anda bisa menseting taman di rumah menjadi lokasi paling aman untuk bermain buah hati anda. Tambahan berupa perosotan, kemudian rumah-rumahan sampai dengan kolam kecil misalnya ini akan sangat membantu dalam memberikan aktifitas fisik kepada anak anak.

Beberapa ide desain taman yang bisa anda terapkan pada bagian depan, samping dan belakang rumah ini akan coba kami bahas lebih sederhana lagi dengan fokus pada beberapa point diantaranya:

Desain Taman Pada Area Yang Sempit

Tidak banyak yang bisa anda lakukan dalam mengubah sisa tanah pembangunan rumah anda menjadi sebuah taman kecil. Fokus saja pada penanaman rumput gajah atau jepang misalkan.

Kemudian berikan tanaman lain seperti palem, pada bagian dinding jangan anda berikan begitu saja bisa dibuatkan air terjun kecil kecilan dibawahnya kolam ikan.

Desain Taman Di Belakang Rumah

Ada satu kelemahan yang harus anda pertimbangkan dalam desain taman pada bagian belakang rumah ini.

Yang pertama adalah adanya rasa malasa dalam membersihkanya secara berkala, karena yang bisa melihat kondisi berantakan adalah anda sendiri, kecuali anda memiliki tukang kebun.

Kelebihan desain taman pada bagian belakang ini tentu sangat banyak salah satunya adalah anda akan memiliki area private disana karena orang luar tidak bisa melihat kegiatan anda bersama keluarga.

Taman belakang rumah bisa anda berikan kolam renang dan beberapa meja dan kursi outdor dengan beratapkan langit.

Tepat dibelakangnya anda desain dapur dengan gaya minimalis, ketika anda makan disana pemandangan hijau dibelakang rumah akan terlihat jelas. Ini adalah cara yang sangat baik dalam membuat pikiran anda lebih fresh daripada harus menaruh taman pada bagian depan.

Desain Taman Di Samping Dan Depan Rumah

Taman didepan rumah biasanya kita temukan pada model hunian kapling atau perumahan subsidi. Kebanyakan akan menyisakan bagian kosong pada bagian depan tepat di depan teras rumah.

Untuk menemukan perpaduan yang indah sebenarnya kuncinya sama saja. Mulai dari bagaimana anda menseting letak dari apa yang akan anda tanam disana. Bagaimana membuat jalan setapak antara taman, sampai dengan bagaimana anda bisa memaksimalkan fungsi lighting pada malam hari di beberapa sudut taman rumah anda.

Tips Desain Taman

Kita masuk langsung pada bagian kiat kiat dan tips dalam mendapatkan tampilan taman yang memuaskan dari sisi tampilan.

Anda bisa ikuti tips yang kami berikan ini, atau bisa juga anda menambahkan sesuai dengan kreasi sendiri.

1. Menentukan konsep taman menjadi hal utama

Kita ibaratkan memiliki sebuah lahan kosong, ingin membuat taman disana kalau langsung langsungan memang tamanya akan jadi, namun dari sisi keindahan tidak akan pernah mencapai titik maksimal.

Berbeda ketika anda sudah memiliki sketsa desain taman yang matang sebelum memulai.

Misalkan pada bagian tengah akan anda berikan bunga warna apa, kemudian bagian samping akan anda tanamin tanaman jenis apa, atau hanya menggunakan pagar biasa.

Semuanya harus dikonsep dengan matang kemudian dirasakan kalau konsep ini jadi kira kira tampilanya akan seperti apa.

2. Ukuran taman atau layout

Tidak semua lahan kosong bisa jadi anda ingin jadikan taman. Kemungkinan bisa anda jadikan sebagai tempat menjemur pakaian misalkan. Desain layout ini perlu anda coret coret secara sederhana sebelum melakukan eksekusi dari pembelian bibit, sampai dengan penanaman tanaman.

3. Pemilihan Material

Taman akan terlihat indah secara keseluruhan bukan hanya terletak pada jenis tanaman yang anda beli. Percuma anda membeli aglonema yang sedang hits sekarang dengan harga 5 juta per pot tanpa adanya dukungan material yang sepadan.

Apa saja material yang harus ada dalam sebuah taman, sangat banyak sekali mulai dari rak bunga, kemudian penggunaan lampu hias, sampai dengan apabila anda memasukan unsur alam dengan penggunaan batu alam pada bagian dinding taman rumah anda.

Dari sisi pencahaayaan kami sarankan anda menggunakan lampu taman jenis tembak atau tempel. Jenis sorot atau tembak ini berfungsi memberikan keindahan dari bagian bawah, sedangkan jenis tempel akan memberikan kesan menarik dari pandangan pada sudut yang datar.

4. Furnitur taman sebagai penguat

Ada kalanya juga anda memikirkan menggunakan furnitur pada taman rumah anda. Jenis furnitur yang sangat umum bisa anda letakan pada bagian taman adalah mulai dari meja dan kursi taman, kemudian ayunan rotan, dan lain sebagainya.

5. Pemilihan tanaman

Ini akan menyesuaikan ukuran luas lahan anda. Jika sempit maka fokus pada jenis tanaman yang pertumbuhanya tidak melebar ke samping. Anda bisa memilih jenis palem botol, kemudian cemara, atau jenis bunga bunga yang memilki warna cerah sesuaikan dengan selera saja.

Berbeda jika ukuran taman anda luas, anda bisa bercocok tanam juga disana seperti memulai menama sayur hidroponik untuk konsumsi keluarga sampai dengan menanam pohon-pohon yang rindang.

Kesimpulan:

Mendesain taman minimalis https://alphaexpressinc.com/ bisa jadi akan memakan banyak waktu anda ketika memulainya tanpa konsep yang jelas. Perubahan yang bisa jadi akan anda lakukan secara terus menerus tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Maka dari itu, penting sekali adanya sebuah konsep desain terlebih dahulu sehingga anda memiliki alur yang jelas secara perlahan dan pasti membentuk taman rumah impian anda. Seandainya membuat perencanaan ini terlalu berat dan memakan waktu juga, maka kami sarankan anda mencari tukang jasa desain taman terdekat di kota anda, tinggal pilih model bayar dan selesai.